Pada tanggal 10 Oktober 2024, di Surakarta, Sebagai bagian dari program IndoMS DIY-Jateng Mengabdi 2024, mahasiswa magister matematika Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan aksi “Pengenalan Matematika dalam Seni dengan menggunakan Pixel Art dan Permainan Misteri Perkalian dan Misteri Koordinat Kartesius” di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Bersama dengan tim PPM FSM UNDIP, tim IndoMS DIY-Jateng Mengabdi 2024 melakukan aksi ini. Tim ini terdiri dari mahasiswa dan pengajar dari Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret (UNS), dan UIN Walisongo Semarang. Pixel Art, Mystery Multiplication Games, dan Mystery Cartesian Coordinate Games digunakan dalam program ini untuk mengajarkan ide-ide matematika dalam bentuk seni. Hal ini dimaksudkan sebagai cara yang menyenangkan untuk belajar matematika sambil bersenang-senang.
Proyek ini terutama ditujukan untuk siswa kelas tiga untuk belajar tentang perkalian dan siswa kelas lima untuk belajar tentang koordinat kartesius. Permainan Misteri Koordinat Kartesius dan Permainan Misteri Perkalian digunakan sebagai alat pembelajaran. Pixel art dan elemen artistik lainnya ditambahkan ke dalam permainan ini untuk membantu siswa lebih memahami ide perkalian dan koordinat kartesius. Latihan dimulai dengan siswa dibagi menjadi enam kelompok. Untuk kelas tiga, kami memberikan setiap anak lembar kerja dengan soal perkalian. Untuk kelas lima, lembar kerja berisi soal-soal koordinat. Setiap kelompok harus mencari cara untuk menyelesaikan soal tersebut. Kunci jawaban dari soal-soal di kertas pixel art digunakan untuk mewarnai. Proses pewarnaan akan menghasilkan sebuah gambar yang kemudian dapat ditebak oleh masing-masing kelompok.
Para siswa sangat senang memainkan permainan ini karena tidak hanya membantu mereka belajar matematika, tetapi juga membuat mereka mengekspresikan kreativitas mereka dengan mewarnai buku kerja dalam bentuk kisi-kisi pixel art berdasarkan hasil yang mereka dapatkan dalam permainan. Siswa kelas 3 diajak bermain-main dengan ide perkalian, dan siswa kelas 5 diberi tugas yang menyenangkan dan menarik untuk membantu mereka belajar tentang koordinat Cartesius.
Kegiatan ini berbeda karena menggabungkan matematika dan seni. Hal ini akan membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajari keduanya, terutama matematika. Siswa tidak hanya belajar lebih banyak tentang topik matematika, tetapi mereka juga belajar bagaimana berpikir logis dan kreatif sambil bersenang-senang. Kami berharap cara baru dalam mengajarkan matematika yang sering dianggap membosankan ini dapat digunakan dan dikembangkan di banyak sekolah dengan melanjutkan Program IndoMS DIY-Jateng Mengabdi 2024 bersama PPM FSM UNDIP 2024.